Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Makna Penting Sebuah Kehilangan Dalam Hidup. Stop Larut Dalam Kesedihan!


Sumber: Pixabay


 

Kamu harus sadar, semua orang pasti pernah merasakan kehilangan. Bukan hanya dirimu saja. Baik itu kehilangan kerabat, teman, barang, harta, kesempatan, ataupun pekerjaan. Pastinya karena kehilangan ini, kamu akan merasakan sedih yang begitu mendalam. Karena tak sanggup akan hal tersebut terjadi dalam kehidupanmu saat ini.

 

Kendati demikian, kamu tidak sebaiknya sedih dengan situasi tersebut hingga berhari-hari apalagi hingga lupa terhadap diri sendiri. Roda kehidupan terus perbutar disetiap detik. Sekalipun kamu lupa akan diri sendiri karena kesedihan, maka kesempatan hidup tersebut akan berpindah ke tangan orang lain. Tentunya akan menambah beban terhadap hidupmu. Oleh karena itu, segeralah bangkit dan biarlah berlalu yang telah terjadi. Jadikan hal tersebut pelajaran untuk melangkah maju.

 

Penting untuk dimaknai, bahwa sesungguhnya kehilangan itu memiliki makna dan hikmah yang mendalam terhadap kehidupan. Mau tau itu apa? Berikut jawabanya!

 

       1.       Sudah waktunya akan hilang

Pernahkah kamu berfikir, ketika sesuatu tersebut hilang disebabkan oleh waktunya yang telah habis?

 

Jika belum, kamu harus paham. Apapun yang ada digenggamanmu, disampingmu, dilingkunganmu itu semua ada masa atau batasan waktunya yang bersifat sangat rahasia. Hanya tuhanlah yang tahu akan waktu tersebut. Ibarat sebuah makanan di toko, sudah ada tanggal kedaluwarsa dalam kemasannya. Namun bedanya dengan kehidupan, kamu tak pernah tahu kapan waktu berakhirnya.

 

Selagi sesuatu tersebut kamu miliki, jaga dan pergunakanlah dengan sebaik-baiknya dan sesuai fungsinya. Jangan sesekali untuk menyia-nyiakan. Karena penyesalan terberat kamu rasakan ketika sesuatu tersebut telah hilang termakan waktu, namun kamu belum sempat menikmati karena terlalu menyia-nyiakan.

 

       2.       Sebuah ujian

Ketika kamu kehilangan sesuatu, berhentilah untuk selalu menyesali. Karena semua itu sudah rencana Tuhan. Dimana rencana tersebut memiliki tujuan untuk menguji batas kesabaranmu selama ini. Apakah kamu bisa mengikhlaskan akan kehilangan yang terjadi? Atau kamu akan terpuruk dan menyerah untuk menjalani kehidupan ketika kehilangan tersebut datang dikehidupanmu.

 

Kamu harus percaya, tuhan menguji sesuai ambang batas kemampuan dirimu sendiri. Dan tak mungkin tuhan akan menguji diluar batas kemampuan dirimu.

 

       3.       Mendapatkan pengganti yang lebih baik

“Karena kehilangan itu ada maknanya.”

“Karena kehilangan itu rencana-Nya.”

 

Maka dari itu kamu harus percaya, apapun rencana tuhan itulah hal yang terbaik untuk kehidupanmu dimasa datang. Seorang manusia bebas berencana untuk kehidupannya dan itu adalah hak sebagai kodrat manusia. Namun, setiap hasilnya akan ditentukan oleh-Nya.

 

Tidak selamanya sesuatu yang telah direncanakan oleh manusia akan berjalan sangat mulus. Pasti akan ada kerikil yang membuatmu jatuh. Saat ini yang harus kamu miliki adalah sebuah kepercayaan. Ketika sesuatu yang kamu miliki hilang atau tak tercapai, pasti tuhan telah menyiapkan dengan hal yang lebih baik. Dan tentunya akan kamu dapatkan suatu saat nanti.

 

       4.       Tidak pantas untuk dimiliki

Tak selamanya yang kamu anggap baik, selalu baik di mata-Nya. Dan tak selamanya juga yang kamu anggap buruk, buruk di mata-Nya.

 

Oleh karena itu ketika kehilangan sesuatu, belajarlah berfikir positif bahwa itu tidak baik untuk kamu miliki. Tuhan mengambilnya kembali, karena tuhan sayang terhadapmu. Tentunya tuhan akan memberikan sesuatu yang memang pantas untuk kamu miliki.

 

       5.       Cara mendapatkannya kurang baik

Terakhir, bisa saja sesuatu yang kamu miliki ketika mendapatkannya dengan jalan kecurangan. Perlu kamu ketahui, tuhan tak suka melihat seseorang yang selalu berlaku curang untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Oleh karena itu, tuhan akan mengambilnya kembali meskipun kamu belum sanggup untuk kehilangan hal tersebut.

 

Dengan cara inilah tuhan menegurmu. Agar kamu paham dan sadar bahwa, sesuatu yang diawali dengan keburukan akan berakhir dengan keburukan juga. Dan sesuatu yang diawali dengan kebaikan akan berakhir dengan kebaikan juga.

 

 

Nah sob, itulah 5 makna dari kehilangan yang selama ini kamu alami dalam hidupmu. Berhenti untuk bersedih, mulailah untuk bangkit!

 

Sekian dulu untuk kali ini, Have a Nice Day Sob

 

 

 

 

Post a Comment for "5 Makna Penting Sebuah Kehilangan Dalam Hidup. Stop Larut Dalam Kesedihan!"