Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Telur Infertil? Ciri-Ciri Dan Cara Membedakan Telur Infertil Dengan Telur Normal Di Pasaran


Sumber: pixabay


Belakangan ini banyak media yang memberitakan tentang telur infertil. Info ini menjadi viral karena telah ada bukti yang mengatakan, di mana tim Satgas Pangan Tasikmalaya telah mendapati seorang pedagang nakal yang menjual telur infertil di pasar Induk Cikubruk.

Dengan adanya temuan kasus ini, seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk lebih selektif dalam membeli telur dipasaran. Menurut Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Penyediaan, Peredaran, Dan Pengawasan Ayam Ras Dan Telur Konsumsi, sangat melarang untuk memperjualbelikan telur infertil.

Jika sampai masyarakat membeli dan mengkonsumsi telur ini, maka akan memberi dampak yang sangat buruk pada kesehatannya. Karena telur infertil merupakan telur yang tidak berhasil menjadi anak ayam dalam proses pengeraman oleh induknya. Namun telur infertil juga berbeda dengan telur mati muda. Jika telur mati muda merupakan telur yang tidak dieram oleh induknya atau tidak mendapatkan suhu yang sesuai saat proses pengeramannya.

Biasanya telur infertil terjadi karena betina yang kelebihan berat, tidak mendapatkan asupan gizi yang baik, terjadi karena obat, racun atau penyakit, kaki ayam yang buruk, jantannya yang tidak sehat, atau jantannya yang masih muda (Menurut Aviagen yang dikutip dari ccnindonesia.com).

Lantas bagaimana cara masyarakat untuk membedakan  telur infertil dengan telur yang biasa dikonsumsi?


Nah untuk membedakan ada beberapa cara. Anda bisa melihat dari dalam telur atau dari luar telur itu sendiri.
Jika anda melihat pada bagian dalam telur, maka telur tersebut harus dibuka terlebih dahulu. Ketika telur infertil dibuka, maka dibagian dalamnya akan terdapat titik merah. Atau bisa anda lihat pada titik putih terang telur. Apabila telur tersebut infertil, maka titik putih terang tersebut terlihat tidak beraturan, tidak bulat, serta bergerigi.

Nah jika anda melihat melalui bagian luar telur, memang agak susah untuk membedakannya. Yang pasti telur infertil bagian luarnya terlihat pucat. Berbeda dengan telur yang biasa dikonsumsi, bagian luarnya terlihat kecoklatan dan lebih segar.

Tak hanya itu juga, ketika telur infertil ini dicampur akan terlihat tidak homogen. Berbeda halnya dengan telur normal yang biasa dikonsumsi akan terlihat warna yang seragam.

Selanjutnya anda bisa membedakan telur infertil dengan telur biasa melalui harganya. Kalau telur yang normal, biasanya dijual berkisaran dengan harga Rp 15.000 per kilogram dipasaran sedangkan telur yang biasa dikonsumsi memiliki harga Rp 20.000 per kilogram.

Secara otomatis, dengan harga yang relatif murah ini membuat masyarakat tergiur untuk membelinya dan bisa membawa dampak kerugian bagi penjual telur yang jujur. Jujur yang dimaksud di sini adalah penjual telur yang menjual telur sehat.

Dengan adanya artikel ini, semoga anda tidak masuk kedalam perangkap nakal para penjual telur infertil.

Sekian untuk kali ini, jangan lupa untuk selalu mengikuti kami!





Post a Comment for "Apa Itu Telur Infertil? Ciri-Ciri Dan Cara Membedakan Telur Infertil Dengan Telur Normal Di Pasaran"