Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Whatsapp Pay Resmi Diluncurkan. Kini Transfer Uang Semudah Mengirim Foto Atau Dokumen


Sumber: blog.whatsapp.com
Kini aplikasi WhatsApp resmi meluncurkan fitur terbarunya yang telah ditunggu-tunggu oleh penggunanya yaitu, WhatsApp Pay. Peluncuran ini secara resmi di umumkan dalam blog WhatsApp (blog.whatsapp.com) pada tanggal 15 Juni 2020 kemarin.
 
WhatsApp Pay merupakan salah satu fitur WhatsApp yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer uang dalam aplikasi WhatsApp tanpa memerlukan aplikasi tambahan lainnya. Untuk pertama kalinya, fitur pembayaran ini sudah diluncurkan di Negara Brasil. Dan seluruh masyarakat Brasil yang menggunakan aplikasi WhatsApp sudah bisa menerima dan mengirim uang dengan mudah, semudah mengirim file foto atau dokumen.
 
Dalam blognya sendiri, Penggunaan layanan WhatsApp Pay bisa menggunakan fitur ini secara gratis. Namun bagi yang menggunakan akun bisnis, dikenai biaya pemrosesan sama halnya ketika melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.
 
Fitur terbaru dari WhatsApp ini diselenggarakan oleh Facebook Pay yang telah dirilis setahun lalu. Untuk masalah keamanan dalam fitur terbaru ini, pengguna yang hendak melakukan transaksi harus melakukan verifikasi PIN 6 digit atau sidik jari untuk menyelesaikan proses transaksi.
 
Dalam blognya sendiri, juga dipaparkan mengenai saldo dalam layanan WhatsApp Pay. Sebagai permulaan dalam peluncuran fitur ini, pengguna dapat menghubungkan akun WhatsApp-nya ke kartu debit, kredit di jejaring visa, atau Mastercard. Di Brasil sendiri pihaknya telah bekerjasama dengan  Banco do Brasil, Nubank, Sincredi, dan Cielo yang merupakan pemrosesan terkenal di Brasil.
 
Saat hendak melalukan pengiriman uang, pengguna cukup dengan membuka aplikasi WhatsApp, kemudian membuka tab chat akun seseorang pada WhatsApp yang akan dikirimi uang, selanjutnya mengklik ikon “add attachment” dan mengklik Payment. Langkah ini sama halnya ketika anda akan melakukan transfer file dokumen atau foto, namun yang membedakan dengan adanya tambahan fitur pembayaran atau payment. Mudah bukan?
 
Untuk peluncuran di Indonesia sendiri, belum ada info pasti dari pihak WhatsApp. Namun, dalam laman blognya dipaparkan fitur terbaru ini secara dekat akan diluncurkan di berbagai negara, dan untuk negara yang menjadi peluncuran berikutnya tidak disebutkan.
 
Kendati demikian, bisa saja Indonesia menjadi negara terdekat tempat peluncuran fitur terbaru ini. Ada indikator yang  bisa dijadikan hipotesa dalam hal ini. Facebook adalah pemilik WhatsApp, dan Facebook sendiri telah melukan investasi di Gojek. Di mana Gojek merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang pertama kali mendapatkan investasi dari Facebook sendiri. Hal ini juga sangat ramai diperbincangkan oleh masyarkat di berbagai media.
 
Dalam menjalankan layanan WhatsApp Pay di Indonesia, maka pihaknya harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari BI. Karena, jika suatu perusahaan akan menyelenggarakan pembayaran digital di Indonesia harus mematuhi aturan dari BI.
 
Semoga layanan WhatsApp Pay bisa segera diluncurkan di Indonesia. Dengan bisa diluncurkannya di Indonesia, maka akan berpengaruh sangat besar dengan perekonomian di negara ini. Mengingat 83% pengguna internet di Indonesia adalah pengguna WhatsApp.


Post a Comment for "Whatsapp Pay Resmi Diluncurkan. Kini Transfer Uang Semudah Mengirim Foto Atau Dokumen"