Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanpa aplikasi, Cara Mudah Batalkan E-mail Yang Terlanjur Terkirim Pada Gmail. Biar Gak Terjadi Hal Fatal

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail
Gambar sumber: pixabay

Perkembangan teknologi pada era ini sangat berpengaruh besar terhadap pola hidup manusia. Salah satunya cara mereka melakukan komunikasi jarak jauh. 

Dulu ketika teknologi belum secanggih ini, orang-orang yang hendak berkirim kabar dengan keluarga, kerabat, atau kekasihnya yang tinggal di perantauan pasti menggunkan surat. Dengan surat ini rasa memiliki dan perhatian mereka akan semakin erat terjalin. 

Sayangnya berkirim surat ini membutuhkan waktu lama dan biaya yang lumayan besar agar sampai di tempat tujuan. 

Namun, saat ini kebiasaan masyarakat itu sudah mulai berubah dengan adanya kecanggihan teknologi. Jika dulu surat adalah alat komunikasi kini sudah digantikan dengan E-mail. 

Walaupun saat ini sudah ada berbagai alat komunikasi yang lebih simpel, namun E-mail masih tetap digunakan oleh semua orang. Namun pengiriman E-mail ini diperuntukkan kepada hal-hal yang bersifat resmi. Seperti mengirim surat undangan acara, surat lamaran pekerjaan, atau lainnya. 

Salah satu platform layanan E-mail yang paling banyak penggunanya saat ini adalah Gmail. 

Yang namanya manusia tentu tak akan pernah luput dari kesalahan. Sama halnya ketika kamu hendak mengirim E-mail ke seseorang atau instansi tertentu pasti pernah melakukan kesalahan. Entah itu salah ejaan atau penyampaian tujuan. 

Fatal akibatnya jika E-mail tersebut terlanjur diterima apalagi di baca oleh penerima. 

Untuk di Gmail sendiri disediakan fitur untuk undo pesan yang sudah terkirim. Fitur ini muncul berupa pop up dibagian kiri bawah jendela Gmail. Namun kamu harus secara cepat mengklik ikon undo tersebut agar Gmail dapat dibatalkan pengirimannya. Sebab pop up ini hanya muncul dalam waktu 5 detik saja. Setelahnya tidak akan muncul lagi. 

Nah kali ini kamu tidak usah panik lagi jika membuat kesalahan saat mengirim E-mail. Sebab ada cara yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan pengiriman E-mail tersebut pada Gmail. Tentu cara ini sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan lain. 

Cara membatalkan E-mail terkirim di Gmail

Pertama yang perlu diketahui adalah cara ini hanya berfungsi pada desktop saja. Namun jika ingin menggunakan HP kamu bisa mengubah settingan browser di HP ke versi desktop. 

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail

1. Buka Gmail-mu


2. Klik pengaturan atau ikok geer pada pojok kanan atas

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail

3. Cari pada bagian pengaturan umum

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail

4. Cari "Urungkan Pengiriman" Atau "Undo send"

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail

5. Pada bagian ini kalian atur waktu pembatalan pengiriman E-mail. Ada pilihan 5, 10, 20, dan 30 detik. Di mana arti dari waktu ini adalah batas kamu untuk membatalkan pengiriman E-mail sejak di kirim dalam satuan detik. Jika memilih 30 detik, itu artinya pembatalan E-mail bisa dilakukan 30 detik sejak E-mail terkirim. Setelah dari waktu itu yang kamu pilih, maka kesalahan tidak bisa diralat. 

cara-mudah-batalkan-email-yang-terkirim-pada-gmail

6. Klik "Simpan perubahan" Atau "Save Changes"


7. Selesai

Itulah tips mudah yang bisa dilakukan ketika melakukan kesalahan saat mengirim E-mail pada Gmail. Dengan tips ini mampu meminimalisir hal fatal yang kemungkinan terjadi akibat kesalahan pada E-mail yang terkirim ke seseorang atau instansi tertentu. Selamat mencoba! 

Post a Comment for "Tanpa aplikasi, Cara Mudah Batalkan E-mail Yang Terlanjur Terkirim Pada Gmail. Biar Gak Terjadi Hal Fatal"